Di dalam dunia perbankan, khususnya dalam bidang pemasaran, bisniskredit
merupakan suatu kegiatan
pembelian atau peminjaman dengan janji pengembalian di kemudian hari. Pada
setiap rencana kredit, terdapat kreditor (pribadi, institusi keuangan, toko
atau perusahaan yang uangnya dipinjam).Dalam pembukuan, terdapat catatan
sejumlah uang milik pribadi atau institusi.
Tidak semua kredit
berjalan dengan lancar.Kredit bermasalah merupakan suatu hal yang biasa terjadi
alam industri perbankan. Maka dari itu, untuk menghindari berbagai macam kredit
bermasalah yang berkelanjutan, bank harus selalu melakukan tindakan pengamanan
antara lain melakukan penyisihan kerugian, penyelamatan, penghapusbukuan
pinjaman, penghapus tagihan, dan penagihan kredit hapus buku.
Sehubungan dengan hal demikianperusahaan perlu untuk menganalisis dan menindak lanjuti SWOT
yang dimiliki. Penulis dalam hal ini bermaksud mencoba melakukan analisa
terhadap suatu bank, dalam hal bagaimana bank itu mengolah SWOT yang mereka miliki untuk memperoleh
strategi yang bagus dalam mempertahankan eksistensi dan menjadi yang paling
unggul di dunia bisnis perbankan.
Macam-macam produk
yang terdapat dalam suatu
perusahaan harus disertai dengankualitas dan keunggulan yang baik, karena produk
yang baik akan
meningkatkan kredibilitas perusahaan dalam setiap kegiatan usaha yang dilakukan.
Permasalahan manajemen
dalam perusahaan merupakan salah satu bagian yang harus
diperhatikan, karena usaha pemasaran yang dilakukan perusahaan
dengan strategi yang baik
akan dapat menempatkan produk pada posisi yang tepat dan menguasai pasar. Oleh
karena itu, perusahaan perlu menganalisis tingkat pemasaran yang dilakukan
dengan menggunakan analisis SWOT.
Analisa SWOT merupakan
sebuah bentuk analisa
situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran).Analisa ini
menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor masukan, yang kemudian
dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing.
Satu hal yang harus
diingat baik-baik oleh para pengguna analisa SWOT, bahwa analisa SWOT adalah
semata-mata sebuah alat analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang
sedang dihadapi atau yang mungkin akan dihadapi oleh organisasi, dan bukan
sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang cespleng bagi
masalah-masalah yang dihadapi oleh organisasi.
Analisa ini terbagi atas empat
komponen dasar yaitu :
- Strength (S), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program pada saat ini.
- Weakness (W), adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari organisasi atau program pada saat ini.
- Opportunity (O), adalah situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar organisasi dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan.
- Threat (T), adalah situasi yang merupakan ancaman bagi organisasi yang datang dari luar organisasi dan dapat mengancam eksistensi organisasi dimasa depan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar