Scribd Me

  is where my documents live!

Senin, 31 Oktober 2011

Kebijakan Umum Perkreditan



Dalam segala kegiatan perkreditan, para pihak yang terkait didalamnya harus mengetahui dan mengerti tentang batas-batas ataupun segala peraturan dan kebijakan umum tentang perkreditan yang berlaku.
Secara garis besar, kebijakan umum perkreditan didasarkan atas:
1.    Undang undang Perbankan, dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan Bank yang sehat dan kuat, dengan prinsip kehati-hatian (prudential banking)

a.    UU No.8 Tahun 1998 , Pasal 1 angka 11
Kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain, yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.
b.    UU No.8 Tahun 1998 , Pasal 8
Dalam memberikan kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah, BANK UMUM wajib mempunyai keyakinan berdasarkan analisis mendalam atas itikad dan kemampuan serta kesanggupan nasabah/debitur untuk melunasi utangnya atau mengembalikan pembiayaan dimaksud.

c.    UU No.8 Tahun 1998 , Pasal 1 angka 11
…, berdasarkan persetujuanm atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain, yang mewajibkan PIHAK PEMINJAM untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga.

d.   Pasal 1338 KUH Perdata
Azas kebebasan berkontrak

e.    SE BI No.2/643/UPK/PEMB/ Tanggal 20 Oktober 1966
Diinstruksikan bahwa dalam bentuk apapun setiap pemberian kredit, Bank wajib mempergunakan akad perjanjian kredit dan akad perjanjian kredit tersebut dalam praktek perbankan dikenal dengan istilah PERJANJIAN KREDIT.

2.    Kebijakan Umum Perkreditan (KUP) adalah kebijakan perkreditan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen, mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasannya.

3.    Pedoman Pelaksanaan Perkreditan (PPK), atau ada juga yang menyebut dengan Standar Operasional Perkreditan (SOP), merupakan pelaksanaan perkreditan yang dapat menjamin pemberian kredit yang sehat.

Dapatkan Form Komentar Facebook

Get This Comment Form

1 komentar:

  1. Halo
    Ny. Rebecca Ellisor kembali ke sini dan memberikan pinjaman peluang seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi atau pinjaman hipotek?
    Kami di sini untuk memberikan semua kesulitan keuangan Anda, kami meminjam dana kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit macet atau membutuhkan uang untuk melunasi utang, dan berinvestasi dalam bisnis dengan suku bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya, kembalilah sekarang melalui

    Kirimi kami email sekarang melalui; (choosenloanfirms@gmail.com) untuk mendaftar.

    BalasHapus